Kamis, 23 September 2010

KAMI AREMA

AREMANIA: BUKAN ORGANISASI
Aremania rukun tanpa ada ketua umum. Tertib walaupun bukan yayasan. Bersatu tetapi tidak ada susunan hirarkis. Aremania itu bersifat inklusif melainkan ekslusif. Sebenarnya istilah Aremania mempunyai dua arti.
Pertama-tama Aremania berarti para suporter PS Arema secara umum
.
Akibatnya suporter Arema merasa begitu bersatu. Arti yang lebih khusus itu anggota korwil-korwil Aremania. Kekuatan dan kesatuan Aremania berdasarkan pada ide bahwa Arema adalah milik seluruh masyarakat Malang. Namun ketertiban Aremania tergantung pada sistem pengurus korwil. Arema begitu dinamis karena sampai sekarang menjaga kemandiriannya, yaitu berhasil
melawan disalahgunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.

AREMANIA : Nama yang menyatukan
Pada umumnya Aremania berarti para suporter Arema. Kalau mendukung Arema dianggap telah masuk Aremania. Aremania merupakan sesuatu golongan masyarakat yang bersikap sangat inklusif. Ada beberapa ungkapan yang menggambarkan perasaan persaudaraan Aremania. Misalnya, ‘Aremania: The Big Family’, ‘Aremania: We Are Always Together’ dan ‘Arema: Generasi Biru’. Semua ungkapan ini berdasarkan pada gagasan populis. Yang pertama ‘The Big Family’ berdasarkan pada ide bahwa Aremania itu sebetulnya keluarga luas yang dipersatukan oleh rasa kebanggaan terhadap kota Malang.
Yang kedua berarti ‘Aremania: Kita selalu bersama-sama’ berdasarkan pada ide persatuan murni. Yang ketiga ‘Generasi Biru’ mengenai Aremania sebagai generasi pemuda Malang yang menolak perilaku geng-geng, untuk membangun Aremania. Aremania mempunyai tujuan begitu murni bahwa bisa diterima semua orang tanpa kontroversi. Persatuan Aremania itu dibangun dari bawah melainkan terpaksa dari atas. Perasaan populis itu sesuai dengan Aremania karena kebanyakan suporter Arema dari kelas bawah. Walaupun ada bagian suporter Arema dari latar belakang kelas menengah mereka merupakan minoritas suporter Arema. Sering dikatakan Malang aman karena bersatu.
Malang sangat sulit untuk permunculan ekstremisme karena persatuan itu. Keamanan kota Malang sebenarnya disebab persatuan Aremania itu, yaitu persatuan pemuda Malang. Ketertiban Aremania yang diatur tokoh korwil dan tokoh Aremania tidak akan berhasil tanpa persatuan yang mucul karena nama Aremania.

0 komentar:

Posting Komentar